Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Bagon Puger Jember

Authors

  •   Dwi Isnaini  MI Darussalam 01 Jember,  Indonesia
  •   Lailatul Usriyah  IAIN Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.12
 

Keywords:

Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penilaian autentik ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru serta menggambarkantugas-tugas riil bagi siswa untuk menghasilkan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Focus penelitian ini (1) bagaimana penilaian kompetensi sikap pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? (2) bagaimana penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01Bagon Puger Jember?, (3) bagaimana penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (a) penilaian kompetensi sikap meliputi sikap jujur dan disiplin, dimana mudah didalam teori, namun sulit untuk menerapkannya. Tergantung dari guru favorit masing-masing, proses pembelajaran tergantung pada materi pelajarannya, dan juga berkaitan dengan nilai atau norma. (b) Penilaian kompetensi pengetahuan, meliputi: tes tulis, tes lisan, dan penugasan, baik penugasan terstruktur dan tidak terstruktur. (c) Penilaian kompetensi keterampilan meliputi: penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio.

References

Abidin,Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013.

Abrasy (Al), Muhammad Athiyah. Ruhuttarbiyah Watta’lim, Beirut: Darul Iliya, 1950.

Ann Gravells. Principles and Practice of Assessment in The Life Long Learning Sector, Inggris: Learning Matters, 2009.

Brown, Douglas. Language Assessment Principles and Classroom Practices,San Fransisco: Longman, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-3, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan HasilBelajar(PPT), dalam https: //docs.google.com/presentation/d/1Z2KmwgPpH4xZ_BTYjndfveOTRPDii8SUmXt3NFRsvu0/edit?pli=1#slide=id.p17

Majid, Abdul. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Majid, Abdul. Pembelaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Nino Nurjananto dan Ersanghono Kusomo, “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Untuk Mengukur Kompetensi Peserta Didik Materi Senyawa Hidrokarbon”,Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 2, 2015.

Ruslan,dkk.“Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie”,Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, Agustus 2016.

Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Press, 2015.

Santoso, Budi. “Penilaian Portofolio Dalam Matematika”, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 2, Juli 2007.

Suprananto, Kuseri. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Downloads

Published

2020-06-22

How to Cite

Isnaini, D. ., & Usriyah, L. . (2020). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Bagon Puger Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 119–136. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.12