Penggunaan Tehnologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa Tingkat SD/MI Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  •   Unik Hanifah Salsabila  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,  Indonesia http://orcid.org/0000-0003-1946-5708
  •   Naufal Fauzi Ramadhan  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,  Indonesia
  •   Mutia Eka Putri  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,  Indonesia
  •   Nurjannah Nurjannah  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,  Indonesia
  •   Gita Dwi Jayanti  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.37
 

Keywords:

Tehnologi Pendidikan, Pembelajaran Daring, SD/ MI

Abstract

Technology is very important in this day and age. There are so many fields that use technology, one of which is in the field of education. Even though Indonesia is still in a situation of the Covid-19 pandemic, education must remain number one by maximizing technology, especially in the field of communication. In this study discussed the role of technology during the distance learning process, especially for students at the SD / MI level. The formulation of the problems in this study are (1) How is the distance learning process using educational technology media for SD / MI students during the Covid-19 pandemic?; (2) What are the problems that occur in the distance learning process using educational technology media for SD / MI students during the Covid-19 pandemic?; (3) What is the solution to problems in the distance learning process by using educational technology media for SD / MI students during the Covid-19 pandemic? While the method used to answer the formulation of the problem is qualitative research with an analytic description approach, interviews and literature study, the focus of which is the role of technology and educational media for students at the SD / MI level during the Covid-19 pandemic. The results showed that the distance learning process was carried out using Zoom Cloud Meeting media, WhatsApp group and Google Classroom. The problem that occurs during the distance learning process is usually a signal problem that is not good and sometimes students feel bored when doing online learning so they are playing, lying down, and eating snacks. The solution that the teacher takes to overcome this problem is to provide weekend projects on Saturdays and Sundays.

Tehnologi merupakan hal yang sangat penting di masa sekarang ini. Banyak sekali bidang yang memanfaatkan teknologi, salah satunya di bidang pendidikan. Meskipun Indonesia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, namun pendidikan harus tetap di nomor satukan dengan memaksimalkan teknologi khususnya bidang komunikasi. Di dalam penelitian ini dibahas mengenai peran teknologi selama proses pembelajaran jarak jauh terutama bagi peserta didik pada tingkat SD/ MI. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media teknologi pendidikan bagi Siswa SD/MI di Masa pandemi Covid-19?; (2) Apa saja permasalah-permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media teknologi pendidikan bagi Siswa SD/MI di Masa pandemi Covid-19?; (3) Bagaimana solusi permasalahan dalam proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media teknologi pendidikan bagi Siswa SD/MI di Masa pandemi Covid-19? Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskripsi analitik, wawancara dan studi literatur kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan menggunakan media Zoom Cloud Meeting, Whatsapp grup dan Google Classroom. (2) Permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran jarak jauh adalah adanya kendala sinyal yang kurang bagus dan terkadang siswa merasa bosan ketika sedang melakukan pembelajaran daring sehingga mereka sambil bermain, tiduran, dan memakan cemilan. (3) Solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberi weekend project di hari Sabtu dan Ahad.

References

Abdullah, Burhanudin. Menanti Kemakmuran Negeri. Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama, 2006.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

Nasution. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Rusman, dkk.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru.ed.1, cet. Ke-4.Jakarta: Rajawali pers, 2015.

Karo-Karo, Isran Rasyid, S dan Rohani, Manfaat Media Dalam Pembelajaran, Jurnal AXIOM: Vol. VII, No. 1, Januari-Juni 2018.

Rosali, Ely Satiyasih . Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2020.

Dwi C, Briliannur dkk. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasa, vol 2 No 1 2020.

Budiman, Hari. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I. 2017.

Dolong, H.M. Jufri. Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan. Volume 5 Nomor 2, Juli-Desember 2016.

Hadiwardoyo, Widodo. Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal of Business and Entrepreneurship. Volume 2 Nomor 2, April 2020.

Rigianti, Henry Aditia. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School. Volume 7 Nomor 2, Juli 2020.

Tafonao, Talizaro. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Umar. MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah Volume 11 Nomor 1 Edisi Januari-Juli 2014.

Mashabi, Sania. Siswi Bunuh Diri Diduga Depresi karena Tugas Sekolah Daring, KPAI Surati Kemendikbud dalam https://nasional.kompas.com/read/2020/10/23/15110441/siswi-bunuh-diri-diduga-depresi-karena-tugas-sekolah-daring-kpai-surati?page=all 23 Oktober 2020/ 26 Oktober 2020 pk. 19.40

Winata, Dhika Kusuma. Era Revolusi Teknologi, Peran Guru Tetap Tidak Tergantikan, dalam https://mediaindonesia.com/read/detail/212578-era-revolusi-teknologi-peran-guru-tetap-tidak-tergantikan 24 Januari 2020/ 30 Oktober 2020 pk. 22.20

Rahmawati, Kholiq. Wawancara, Balikpapan, 28 Oktober 2020.

Kumalasary, Dyah Astuti Ningrum dan Velatiani, Bredha. Wawancara, Balikpapan, 28 Oktober 2020.

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Salsabila, U. H. ., Ramadhan, N. F. ., Putri, M. E. ., Nurjannah, N., & Jayanti, G. D. . (2020). Penggunaan Tehnologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa Tingkat SD/MI Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(3), 341–360. https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.37