Implementasi Program Tahfidzul Al-Qur’an Jilid 5 Bagi Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Ambulu Jember

Authors

  •   Khusnul Khovia  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.60
 

Keywords:

Tahfidzul Al-Qur’an, Peserta didik, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

The purpose of this study is to describe the planning, implementation and evaluation of the tahfidzul Al-Qur'an program for students volume 5 at MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember. This study uses a qualitative approach and the technique of determining data sources using purposive sampling. Collecting data through observation, interviews and documentaries. Data analysis, descriptive qualitative with data reduction steps, data presentation, conclusion drawing/verification. To check the validity of the data using triangulation of sources and techniques. The results of the research show: (1) Planning the tahfidzul Al-Qur'an program for students volume 5 at MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember, namely: determining the goal of memorizing 2 letters Al-Insyiqaq and Al-Muthoffifin, instilling a love of the Qur'an since early, Content of material, determine method, Determination of media, Determination of evaluation. (2) The implementation of the tahfidzul Al-Qur'an program for students volume 5 at MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember, namely: students memorizing letters Al-Insyiqaq and Al-Muthoffifin, reading letters according to makhraj and tajwid, Submission of material by teachers, using tilawati method by listening, imitating, reading together and repeatedly, using Juz 'Amma, Al-Qur'an and murottal media. (3) Evaluation of the tahfidzul Al-Qur'an program for students volume 5 at MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember, namely: evaluation of objectives, evaluation of material based on the target of memorizing letters Al-Insyiqaq and Al-Muthoffifin and not experiencing difficulties, evaluation of methods, formative evaluation at the end of each lesson and letter increase.

Keywords: Tahfidzul Al-Qur'an; Student; Madrasah Ibtidaiyah

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program tahfidzul Al-Qur’an peserta didik jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tehnik penentuan sumber data menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data, kualitatif deskriptif dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitiannya menunjukkan: (1) Perencanaan program tahfidzul Al-Qur’an untuk peserta didik jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember yaitu: penentuan tujuan hafalan 2 surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin, menanamkan cinta Al-Qur’an sejak dini, Isi materi, menentukan metode, Penentuan media, Penentuan evaluasi. (2) Pelaksanaan program tahfidzul Al-Qur’an untuk peserta didik jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember yaitu: peserta didik menghafal surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin, membaca surat sesuai makhraj dan tajwid, Penyampaian materi oleh guru, menggunakan metode tilawati dengan mendengarkan, menirukan, membaca bersama-sama dan berulang-ulang, Penggunaan media Juz ‘Amma, Al-Qur’an dan murottal. (3) Evaluasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk peserta didik jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember yaitu: evaluasi tujuan, evaluasi materi berdasarkan target menghafal surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin dan tidak mengalami kesulitan, evaluasi metode, evaluasi formatif setiap akhir pembelajaran dan kenaikan surat.

Kata Kunci: Tahfidzul Al-Qur’an; Peserta Didik; Madrasah Ibtidaiyah

References

Abidin, Ahmad Zainal. Metode Menghafal Juz ‘Amma. Yogyakarta: PT Huta Parhapuran. 2016.

Ahmadi, Abu. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Anitah, Sri. Media Pembelajaran, Surakarta:Yuma Pustaka, 2010.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Departemen Agama RI. Aisyah Al-Qur’an dan Terjemahan Untuk Wanita. Bandung: Jabal. 2010.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka. 2007.

Ferdinan. Pelaksanaan Progam Tahfidz Al Qur’an (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan). Sulawesi: Universitas Muhammadiyah Makassar, Volume 3 No.1. 2018.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv Pustaka Setia. 2011.

Hasan, Abdurrohim dkk. Strategi Pembelajaran Al-Quran Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah, 2010.

Intan Alivia Permadani and Abdul Karim. “Penerapan Metode Dirosati Dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Sejak Dini Di TPQ Nurul Falah Bringin Lawang Jenggawah”. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom 1, no. 1 (February 24, 2021).

Khuluqo, Ihsan El. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

R Ibrahim & Nana Syaodih. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Rofiul, Wahyudi, dkk. Metode Cepat Hafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah, 2017.

Rosidi, Ahmad. Strategi Pondok Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2015.

Sa’dulloh. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qu’ran. Jakarta:Gema Insani. 2008.

Sadirman A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada. 2012.

Sahlan, Moh. Evaluasi Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Jember: STAIN Press. 2013.

Samrodi, dkk. Buku Panduan Program Tahfidzul Al-Qur’an Untuk MI Muhammadiyah Pontang Ambulu Jember. Jember: MI Muhammadiyah 02 Pontang. 2016.

Sanaky, Hujair AH. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. 2008.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2008.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Bima Aksara 1988.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 3.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Khovia, K. (2021). Implementasi Program Tahfidzul Al-Qur’an Jilid 5 Bagi Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Ambulu Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 201–220. https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.60

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.