Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.2Keywords:
Kecerdasan Kinestetik, Kegiatan Ekstrakurikuler Tari TradisionalAbstract
Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Muncar Banyuwangi adalah sekolah swasta yang pada bulan Januari 2018 mulai menerapkan kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dengan alasan untuk mengembangkan salah satu potensi yang dimiliki peserta didik yaitu kecerdasan kinestetik. Fokus penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler unsur wiraga tari tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler unsur wirama tari tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler unsur wirasa tari tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Meliputi, dengan pengenalan gerak dasar tari, pembiasaan senam pemanasan, latihan gerakan-gerakan tari tradisional dan perkembangannya dapat menguasai bagian-bagian tubuh ketika menari. 2)Meliputi, mengatur cepat lambatnya gerakan menggunakan hitungan dan perasaan, mengatur antara pergantian gerakan disaat musik yang tepat dengan menggunakan hitungan, mengatur keselarasan antara pukulan musik dengan gerakan-gerakan agar terdengar lebih mantap dengan menggunakan hitungan dan perasaan, dan perkembangannya dapat menyeimbangkan gerakan tari dengan alunan musik. 3) Dengan pembiasaan senam senyum selama beberapa menit agar terbiasa berkspresi tersenyum ketika menari, dan perkembangannya dapat terbiasa berekspresi tersenyum ketika menari.
References
Astuti, Fuji. Pengetauan & Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2016.
At-Taubany, Trianto Ibnu Badar. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madarasah, Depok: Kencana, 2017.
B, Mathew, et, al. Qualitative Data Analysis, America: Arizona State University, 2014.
Baharuddin. Teori Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
Dibia, I Wayan. Buku Pelajaran Kesenian Nusantara Tari Komunal, Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara, 2006.
S, Alaik. 40 Hadits Shahih Teladan Hidup Sehat Rasulullah, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2011.
Sumaryono. Tari Tontonan Buku Pelajaran Kesenian Nusantara. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Alfabeta, 2017.
Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 Th. 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Yaumi, Muhammad. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Kencana, 2016.
Masrukah, Wawancara Pra Penelitian, Banyuwangi, 18 Januari 2019.
Observasi di Banyuwangi 15 April 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Dyah Ayu Pangarsi Putri, Lailatul Usriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.