Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.3Keywords:
Implementasi, Kurikulum 2013, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Agama RI untuk melaksanakan Kurikulum 2013 atau yang disebut K13 baik pada pembelajaran tematik maupun pembelajaran agama sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 3525 tahun 2017 tentang Penetapan Pelaksanaan Kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019? Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran K13, guru di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo membuat perangkat pembelajaran berupa Kalender Pendidikan, RPE, Prota, Promes, Silabus, dan RPP. Dalam pembuatan perangkat pembelajaran ada guru yang membuat perangkat pembelajaran secara individu dan ada yang dengan bersama KKG (Kelompok Kerja Guru). (2) Pelaksanaan pembelajaran K13 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo memiliki 3 kegiatan yaitu, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan diawali dengan memberikan apersepsi, memberikan stimulus/motivasi, menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran. Pada kegiatan inti guru telah melakukan kegiatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi/mengumpulkan, dan mengkomunikasikan. Pada kegiatan penutup dilakukan dengan membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari, merefleksikan materi yang diajarkan, dan memberikan tindak lanjut berupa penugasan. (3) Evaluasi pembelajaran K13 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo menggunakan model penilaian autentik yang meliputi 3 aspek yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
References
Fadlilah. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran MI/SD, Jakarta: Ar Ruzz Media, 2013.
Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja, 2014.
Mulyasa, E. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press Rosdajarya, 2016.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMP-MTs.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Sanjaya, Wina. Perencanaan Pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Sunarti dan Rahmawati, Selly. Penilaian dalam Kurikulum 2013: Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Allifatur Rohma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.