Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.17Keywords:
Internalisasi, Nilai Nasionalisme, Pembelajaran PPKNAbstract
Nilai-nilai Nasionalisme yang diterapkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember seringkali terkesan dikesampingkan. Hal ini dilihat dari kurangnya kesadaran peserta didik terhadap nilai moral dan Nasionalisme, seperti tidak mentaati peraturan sekolah, tidak menghargai teman, membolos, tidak mampu menghafal sila pancasila serta lagu Indonesia raya. Masih dijumpai peserta didik berperilaku dan bersikap belum baik atau masih rendah terhadap nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi internalisasi nilai nasionalisme pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme yang dilakukan pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN ini adalah mamasukkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui pendekatan-pendekatan yang mampu diterima oleh peserta didik agar peserta didik bisa menjadi warga negara yang baik dan bisa memberikan kontribusi dalam memajukan bangsanya dimasa depan. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui mediator keteladanan guru dan kegiatan praktik langsung melalui pengalaman belajar seperti model pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran. Perilaku berkarakter nasionalis yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah oleh siswa yaitu disiplin, cinta tanah air, semangat kebangsaan, cinta damai, peduli lingkungan, menghargai prestasi, dan toleransi.
References
Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktiisme dan CT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Fathurrohman, Pupuh. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2013.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Harahap, Asriana. “Implementasi Nilai Nilai Karakter Pada Pembeljaran PPKN”, Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Online), Vol.1 No.1, 2018.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Pendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Mathew, Miles, B.A. Michael Huberman, dan Johny Saldana. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. America: Arizona State Unversity, 2014.
Mulyana, Rahmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: CV Alfabeta, 2014.
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Rodliyah. Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press, 2013.
Rukmana, Nana. Strategi Partnering. Semarang: Alfabeta, 2006.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2006.
US, Supardi. “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi”. Jurnal Formatif (Online), Vol. 2 No.2. 2012.
Utomo, Eko Prasetro. “Internalisasi Karakter Nasionalisme”. Jurnal Formatif Online. Vol. 2 No. 2, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dwi Fitria Riska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.