Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.36Keywords:
Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budaya KeagamaanAbstract
Pengembangan budaya keagamaan di sekolah merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh sekolah dengan mendesain program pendidikan agama islam yang mengarah pada pengembangan budaya keagamaan. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo? Bagaimana pelaksanaan pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo? dan Bagaimana pengawasan pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan pengembangan program pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo, yaitu: penyusunan buku pintar, Penugasan anggota membuat rancangan kegiatan, nilai-nilai karakter prioritas utama, rencana strategis pendekatan botton up, perencanaan pengembangan budaya keagamaan oleh tim agama. 2) Pelaksanaan pengembangan program pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo, yaitu: Roling tanggung jawab job deskription pengembangan budaya, Quality Insurence (Jaminan Mutu) pembiasaan keagamaan, Model uswah guru, pelaksanaan Budaya keagamaan. 3) Pengawasan pengembangan program pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo, yaitu: pengawasan internal kinerja anggota dan eksternal melalui pengguna layanan siswa dan orang tua, evaluasi supervisor sekolah terhadap kinerja anggota, anak berkepribadian sesuai dengan nilai-nilai agama, monitoring oleh komponen sekolah dan tim agama, monitoring siswa, monitoring tingkah laku dan pembiasaan siswa, penetapan capaian dari Quality Insurence.
References
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda Karya. 2007.
Http: //www.unesco.org/delors/fourpil.htm, diakses pada 14 Oktober 2020.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Ramayulis. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia, 2013.
Soetopo, Hendyat. Manajemen Pendidikan (Bahan Kuliah Manajemen Pendidikan Bagi Mahasiswa S2). Malang: Pascasarjana-Univ. Negeri Malang, 2001.
Suyadi, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) DI SMK Negeri 1 Lais Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin, Jurnal Conciencia, Vol. 14 No 1 (2014), 37.
Syafarudin dan Irwan Nasution. Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Muhammad Azizi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.