Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Tegalsari Banyuwangi

DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.6Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran TematikAbstract
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam mengelola pembelajaran. Berkaitan dengan pengelolaan Pembelajaran Tematik fakta di sekolah menunjukkan banyak guru belum sepenuhnya mampu mengimplementasikan pembelajaran yang memiliki prinsip mengintegrasikan banyak materi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru: 1) Memahami peserta didik dalam melaksanakan Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Merencanakan pembelajaran dalam melaksanakan Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Melaksanakan pembelajaran pada Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. 4) Mengevaluasi hasil belajar dalam melaksanakan Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru memahami peserta didik sudah sesuai indikator kompetensi pedagogik. 2) Kemampuan guru merencanakan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator kompetensi pedagogik. 3) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran ada satu indikator yang perlu diperbaiki. 4) Kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar sudah sesuai dengan indikator kompetensi pedagogik.
References
Ahmad Izzan et al. Membangun Guru Berkarakter (Bandung: Humaniora,tt), 31.
E. Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), 75.
Imanah. Wawancara, Banyuwangi 06 Februari 2019.
Observasi di Banyuwangi 06 Februari 2019.
Permendiknas. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: Transmedia Pustaka, 2008), 61.
Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (Jakarta: Kencana, 2016),
Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2015), 254.
Sadirman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Edisi I., Cet, XXII. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), 166-167.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016), 216.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Ulfi Khoirotul Ummah, Akhmad Munir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license. that allows others to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
This work is licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUCARE: Journal of Primary Education
Published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kiai Haji Achmad Siddiq State Islamic University of Jember, East Java, Indonesia