Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Bagon Puger Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.12Keywords:
Penilaian Autentik, Pembelajaran TematikAbstract
Penilaian autentik ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru serta menggambarkantugas-tugas riil bagi siswa untuk menghasilkan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Focus penelitian ini (1) bagaimana penilaian kompetensi sikap pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? (2) bagaimana penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01Bagon Puger Jember?, (3) bagaimana penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (a) penilaian kompetensi sikap meliputi sikap jujur dan disiplin, dimana mudah didalam teori, namun sulit untuk menerapkannya. Tergantung dari guru favorit masing-masing, proses pembelajaran tergantung pada materi pelajarannya, dan juga berkaitan dengan nilai atau norma. (b) Penilaian kompetensi pengetahuan, meliputi: tes tulis, tes lisan, dan penugasan, baik penugasan terstruktur dan tidak terstruktur. (c) Penilaian kompetensi keterampilan meliputi: penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio.
References
Abidin,Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013.
Abrasy (Al), Muhammad Athiyah. Ruhuttarbiyah Watta’lim, Beirut: Darul Iliya, 1950.
Ann Gravells. Principles and Practice of Assessment in The Life Long Learning Sector, Inggris: Learning Matters, 2009.
Brown, Douglas. Language Assessment Principles and Classroom Practices,San Fransisco: Longman, 2004.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-3, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan HasilBelajar(PPT), dalam https: //docs.google.com/presentation/d/1Z2KmwgPpH4xZ_BTYjndfveOTRPDii8SUmXt3NFRsvu0/edit?pli=1#slide=id.p17
Majid, Abdul. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Majid, Abdul. Pembelaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Nino Nurjananto dan Ersanghono Kusomo, “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Untuk Mengukur Kompetensi Peserta Didik Materi Senyawa Hidrokarbon”,Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 2, 2015.
Ruslan,dkk.“Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie”,Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, Agustus 2016.
Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Press, 2015.
Santoso, Budi. “Penilaian Portofolio Dalam Matematika”, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 2, Juli 2007.
Suprananto, Kuseri. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dwi Isnaini, Lailatul Usriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.