Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik pada Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.13Keywords:
Pengembangan, Karakter Mandiri, Pembelajaran TematikAbstract
Fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan karakter peserta didik. Oleh karenanya, guru dituntut agar dapat mengembangkan karakter melalui proses pembelajaran diantaranya melalui pembelajaran tematik. Salah satu sikap yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran tematik adalah karakter mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter mandiri melalui pembelajaran tematik pada kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran tematik dalam pengembangan karakter mandiri di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember diwujudkan dalam RPP yang disusun secara sitematis dan berbasis karakter dengan memasukkan karakter mandiri pada komponen kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, kegiatan pembelajaran, dan penilaian; 2) pelaksanaan pengembangan karakter mandiri pada pembelajaran tematik dilakukan melalui kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Namun kegiatan inti lebih dimaksimalkan dengan menggunakan model learning by doing dengan melakukan lima aktivitas belajar yaitu menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan; dan 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter mandiri yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
References
Ali dan Asrori. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Akara, 2015.
Hidayah, Nurul. “Pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar”, Jurnal TERAMPIL Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 2 No. 1, Juni 2015.
Kurniawan, Syamsul. Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masayarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Milles, Mettew B., A. Mchael Huberman dan Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis. Amerika: SAGE Publications, 2014.
Nadzir, M. “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 02 No. 02, November 2013.
Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Salinan Lampiran IV
Ramly, Mansyur. Indikator Keberhasilan Siswa Dalam Pengembangan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta:Kencana, 2011.
Setyaningrum, Rina Wahyu dan Husamah. “Model Pembelajaran Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 kota Malang”, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, No. 1, April 2013.
Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 Th. 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berkeadaban. Yogyakarta: pustaka pelajar, 2012.
Widyaningrum, Retno. “Model Pembelajaran Tematik di MI/SD”, Cendekia , Vol. 10 No. 1, Juni 2012.
Wiyani, Novan Ardy. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nino Indrianto, Halimatus Sya’diyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.