Pembelajaran Edutainment Dalam Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.11Keywords:
Pembelajaran, Edutainment, Karakter Cinta Tanah AirAbstract
Konsep edutainment mencoba memadukan antara pendidikan dan hiburan, yang didalam konsep edutainment tersebut terdapat beberapa pendekatan yang lebih kita kenal sebagai SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library research, yaitu jenis penelitian yang dilakukan dan difokuskan pada penelaahan, pengkajian dan pembahasan literature-literatur, baik klasik maupun modern. Literature berbahsa arab, inggris, Indonesia dan sebagainya yang ada kaitannya dengan persoalan ini. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu: Sumber primer dari pemikiran Beby De Poter. Sumber skunder meliputi: buku, artikel atau esai yang membahas konsep edutainment, dan buku yang berkenaan dengan konsep psikologi belajar anak, serta buku pendidikan karakter, terutama karakter cinta tanah air. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pembelajaran Edutainment Dalam Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Bagi Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar, yaitu: menumbuhkan karakter cinta tanah air, memunculkan emosi minat anak seperti rasa senang dan gembira dalam pembelajaran, guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas harus menunjukkan sikap kepedulian terhadap peserta didik. (2) Proses Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Bagi Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar, yaitu: proses pembelajaran interaksi antara siswa dan guru terbangun suasana menyenangkan, fleksibiltas guru dalam menyampaikan materi menyesuaikan dengan emosi peserta didik, hubungan keakraban dan persahabatan sebagaimana teman sendiri, dan guru memberikan kebabasan berexspresi kepada perserta didik pada saat proses pembelajaran.
References
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.
Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruz , 2009.
Bobby De Porter dan Mike Hernacki. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terj. Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa, 2002.
Hamruni. Edutainment dalam Pendidikan Islam dan Teori-teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Hamruni. Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2009.
http://cakheppy.wordperss.com/2011/04/09/metode-edutainment/.
http://gurupkn.wordpress.com/2008/04/27/paradigma-baru-dalam-pendidikan-dan- pembela jaran-learning-is-fun/.
Indrawati dan Wawan Setiawan. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Untuk Guru SD (pdf). Jakarta: PPPPTK IPA, 2009.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Rahman, Arief. "Edutainment sebagai Sarana Pendukung Pendidikan Berbasis Kompetensi" pada tanggal 27 Mei 2009.
Sagala, Syaiful. Kemampuan Professional Guru Dan Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, cet. III. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.
Sekar D A, Savitri W dan M Kanzunnudin. Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 9, No. 2, 2019.
Suyono. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda karya, 2015.
Tohirin MS, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
www.batikyogya.wordpress.com diakses pada tanggal 07 Januari 2020.
Yusuf, Syamsul. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Elga Yanuardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.