Implementasi Metode Role Playing Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  •   Ilmanuddin Ilmanuddin  MI Nurul Islam Lumajang,  Indonesia
  •   Robby Sadha Siregar  Pengawas MI Mayang Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.5
 

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Tematik

Abstract

Kegiatan belajar mengajar siswa disekolah yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa hanya menerima mata pelajaran secara pasif pembelajaran yang seperti ini mengakibatkan siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran tematik,proses pembelajaran yaitukurang maksimal pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan sehingga peserta didik kurang menarik dengan pembelajaran dan metode yang sebelumnya, Sehingga berpengaruh kepada pemahaman siswa. Berdasarkan latar belakang Fokus dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana Perencanaan metode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah IbidaiyahDarul Ulum Sukorambi Jember  tahun pelajaran 2018/2019? 2)Bagaimana Pelaksanaanmetode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi  Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimna evalusai Metode Role Playingpada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? Hasil dari penelitian ini adalah: Perencanaan metode Role Playing pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu: dengan menyusun Program tahunan, program semester, silabus dan RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan dikembangkan dalam RPP dengan menggunakan metode Role Playing sehingga setiap siswa dapat memahami materi yang telah dipelajarinya.

References

A, Yanuar. Rahasia Menjadi Guru Faforit,Yogyakarta: Diva Press, 2015.

Akbar, Sa’dun dan Iffah Qurotul A. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Bandung: Rosda Karya, 2017.

Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 2016.

Kurniasih, Imas. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas guru, Bandung: Kata Pena, 2017.

Lefudin. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: CV. Budi Utama. 2017.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, Bandung: Rosda Karya, 2013.

Moelong, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2010.

Mulyasa. Pengembangan Implementasi kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2014.

Mulyono. Strategi Pembelajaran, Malang: Uin-maliki, 2011.

Musfiqon. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2012.

Ngalimun, M, Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Rosda Karya, 2010.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Rodliyah, St. Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Jember: STAIN Jember Press, 2013.

Rukajad, Ajad. Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Sahlan, Moh. Evaluasi pembelajaran, Jember: Stain Press, 2013.

Sudjana, Nana. Penilaian hasil belajar mengajar, Bandung: Rosdakarya, 2002.

Sugiyono. Kuantitatif & Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Suparlan, Suhartono. Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2009.

Suprijini, Agus. Model-model Pembelajaran Emansipatoris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Group, 2013.

Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Jember: IAIN Jember Press, 2017.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: PT raja Grafindo persada, 2002.

Zusnani, Ida. Pendidikan Kepribadian Siswa, Jakarta: Tugu Publisher, 2013.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Ilmanuddin, I., & Siregar, R. S. . (2019). Implementasi Metode Role Playing Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.5

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.