Implementasi Metode Role Playing Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.5Keywords:
Implementasi, Pembelajaran TematikAbstract
Kegiatan belajar mengajar siswa disekolah yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa hanya menerima mata pelajaran secara pasif pembelajaran yang seperti ini mengakibatkan siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran tematik,proses pembelajaran yaitukurang maksimal pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan sehingga peserta didik kurang menarik dengan pembelajaran dan metode yang sebelumnya, Sehingga berpengaruh kepada pemahaman siswa. Berdasarkan latar belakang Fokus dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana Perencanaan metode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah IbidaiyahDarul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2)Bagaimana Pelaksanaanmetode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimna evalusai Metode Role Playingpada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? Hasil dari penelitian ini adalah: Perencanaan metode Role Playing pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu: dengan menyusun Program tahunan, program semester, silabus dan RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan dikembangkan dalam RPP dengan menggunakan metode Role Playing sehingga setiap siswa dapat memahami materi yang telah dipelajarinya.
References
A, Yanuar. Rahasia Menjadi Guru Faforit,Yogyakarta: Diva Press, 2015.
Akbar, Sa’dun dan Iffah Qurotul A. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Bandung: Rosda Karya, 2017.
Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 2016.
Kurniasih, Imas. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas guru, Bandung: Kata Pena, 2017.
Lefudin. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: CV. Budi Utama. 2017.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, Bandung: Rosda Karya, 2013.
Moelong, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2010.
Mulyasa. Pengembangan Implementasi kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2014.
Mulyono. Strategi Pembelajaran, Malang: Uin-maliki, 2011.
Musfiqon. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2012.
Ngalimun, M, Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Rosda Karya, 2010.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Rodliyah, St. Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Jember: STAIN Jember Press, 2013.
Rukajad, Ajad. Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
Sahlan, Moh. Evaluasi pembelajaran, Jember: Stain Press, 2013.
Sudjana, Nana. Penilaian hasil belajar mengajar, Bandung: Rosdakarya, 2002.
Sugiyono. Kuantitatif & Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.
Suparlan, Suhartono. Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2009.
Suprijini, Agus. Model-model Pembelajaran Emansipatoris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Group, 2013.
Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Jember: IAIN Jember Press, 2017.
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: PT raja Grafindo persada, 2002.
Zusnani, Ida. Pendidikan Kepribadian Siswa, Jakarta: Tugu Publisher, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Ilmanuddin Ilmanuddin, Robby Sadha Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.