Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Bacaan Pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.8Keywords:
Nilai Karakter, Teks Bacaan, Buku SiswaAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. Sumber data penelitian adalah buku siswa kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. Data penelitian berupa nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa yaitu nilai sopan, nilai santun, nilai religius, nilai nasionalisme, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, jumlah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 84. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari semua tema yang terdiri dari tiga subtema yaitu keberagaman budaya bangsaku, kebersamaan dalam keberagaman dan bersyukur atas keberagaman. Adapun rincian jumlah setiap karakter yaitu: (1) sopan 2; (2) santun 4; (3) religius 22; (4) nasionalisme 26; (5) mandiri 10; (6) gotong royong 19; dan (7) integritas 1. Berdasarkan hasil analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan dapat disimpulkan bahwa buku siswa tema Indahnya Kebersamaan kelas IV SD/MI memuat 7 nilai karakter.
References
Dimas. A, Haidar., Fajar. S, Hutama., dan Sunardi “Analyzing The Presentation Of Geometry Material Based On Bruner's Theory In Mathematics Textbooks”, Al-jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10. No. 2 (Desember, 2019) 282.
F. S. Hutama, 2016 “Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No. 2 (2016) 113–124. [https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JPI/article/viewFile/8359/8607].
Heni, Zuhriyah, “Pendidikan Karakter (Studi Perbandingan Antara Konsep Doni Koesoema dan Ibu Miskawaih” (Tesis, Pascasarjana IAIN Sunan Ampel, 2007), 46.
M. Muslich, Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010), 20.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016, Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta, 2016. [http://publik22.blogspot.com/2016/03/ download-permendikbud-nomor-8-tahun.html].
S. Adisusilo, Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Kontrutivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Aktif (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012), 76.
S. E. Darmayanti dan U. B. Wibowo, “Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo” Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2, No. 4. (2014), 223–234. [https://journal.uny.ac.id/index.php /jpe/article/view/2721/2271].
Saptono, Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis (Jakarta: Erlangga, 2011), 23.
Sri, Haryati, “Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013”, Jurnal Pendidikan UTM,…,(2017), 8.
Tatang, Muhtar, “Analisis Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Aspek Nilai Karakter Bangsa”, Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1. No. 2. (Oktober, 2014), 171.
Y. Mardiati, “Peran Guru dalam Implementasi Nilai-nilai Karakter Bangsa”, Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Jember, (2012), 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Fajar Surya Hutama, Hayyu Amaliadana Anhar, Dimas Abdi Haidar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.