Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember

DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.17Keywords:
Internalisasi, Nilai Nasionalisme, Pembelajaran PPKNAbstract
Nilai-nilai Nasionalisme yang diterapkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember seringkali terkesan dikesampingkan. Hal ini dilihat dari kurangnya kesadaran peserta didik terhadap nilai moral dan Nasionalisme, seperti tidak mentaati peraturan sekolah, tidak menghargai teman, membolos, tidak mampu menghafal sila pancasila serta lagu Indonesia raya. Masih dijumpai peserta didik berperilaku dan bersikap belum baik atau masih rendah terhadap nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi internalisasi nilai nasionalisme pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme yang dilakukan pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN ini adalah mamasukkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui pendekatan-pendekatan yang mampu diterima oleh peserta didik agar peserta didik bisa menjadi warga negara yang baik dan bisa memberikan kontribusi dalam memajukan bangsanya dimasa depan. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui mediator keteladanan guru dan kegiatan praktik langsung melalui pengalaman belajar seperti model pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran. Perilaku berkarakter nasionalis yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah oleh siswa yaitu disiplin, cinta tanah air, semangat kebangsaan, cinta damai, peduli lingkungan, menghargai prestasi, dan toleransi.
References
Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktiisme dan CT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Fathurrohman, Pupuh. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2013.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Harahap, Asriana. “Implementasi Nilai Nilai Karakter Pada Pembeljaran PPKN”, Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Online), Vol.1 No.1, 2018.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Pendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Mathew, Miles, B.A. Michael Huberman, dan Johny Saldana. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. America: Arizona State Unversity, 2014.
Mulyana, Rahmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: CV Alfabeta, 2014.
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Rodliyah. Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press, 2013.
Rukmana, Nana. Strategi Partnering. Semarang: Alfabeta, 2006.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2006.
US, Supardi. “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi”. Jurnal Formatif (Online), Vol. 2 No.2. 2012.
Utomo, Eko Prasetro. “Internalisasi Karakter Nasionalisme”. Jurnal Formatif Online. Vol. 2 No. 2, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dwi Fitria Riska

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license. that allows others to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
This work is licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUCARE: Journal of Primary Education
Published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kiai Haji Achmad Siddiq State Islamic University of Jember, East Java, Indonesia