Pengaruh Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas II Di SD Anak Saleh

Authors

  •   Mutik Nur Fadhilah  IAIN MADURA,  Indonesia
  •   Mohamad Nurahman  SD Anak Saleh Kota Malang,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.72
 

Keywords:

NHT, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar

Abstract

The learning process in the new normal is currently still undergoing a process of adaptation. Where the learning is still limited face-to-face and some others are brave. Process adaptation. This learning requires an NHT learning technique that makes it easier for class II students to understand the concept of social studies learning in the natural and artificial environment as a whole and is able to increase their motivation in learning. The research method uses a quantitative design using a non-equivalent control group design. The variables of this study consisted of independent variables and dependent variables. The population of this study were all second grade students at Anak Saleh Elementary School, while the samples were second grade students who carried out the bold learning process and second grade students who carried out offline learning processes. The data collection used in this study included interviews, questionnaires and observations. The data analysis technique is validity test and reliability test. Analysis of the data used through data coding, data transfer to a computer using prerequisite tests and hypothesis testing. The results of the research show: 1) the level of understanding of the social studies concept of class II students who study with the Numbered Head Together (NHT) learning technique is better than conventional learning techniques of 0.429 (results from the t-test) and 2) the level of motivation to learn social studies of class students II with Numbered Head Together (NHT) learning technique of 0.733 is better than conventional learning which is only 0.704. Surely this is greater than rtable = 0.361.

 Keywords: NHT; Concept Understanding; Motivation to Learn

Proses pembelajaran di masa new normal saat ini masih mengalami proses adaptasi. Dimana pembelajarannya masih dengan tatap muka terbatas dan sebagian lainnya daring. Adaptasi proses peralihan pembelajaran inilah dibutuhkan sebuah tekhnik pembelajaran NHT yang mempermudah peserta didik kelas II dalam memahami konsep belajar IPS dalam materi lingkungan alam dan buatan secara utuh dan mampu meningkatkan motivasinya dalam belajar. Metode penelitian menggunakan kuantitatif menggunakan desain non equeivalen control grup design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II di SD Anak Saleh, sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas II yang melakukan proses pembelajaran daring dan kelas II yang melakukan proses pembelajaran luring. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket dan observasi. Tehnik analisis data uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan melalui pengkodean data, pemindahan data ke komputer menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitiannya penelitian ini menunjukkan: 1) tingkat pemahaman konsep IPS peserta didik kelas II yang belajar dengan tekhnik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada tekhnik pembelajaran konvensional sebesar 0,429 (hasil dari uji-t) dan 2) tingkat motivasi belajar IPS peserta didik kelas II dengan tekhnik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebesar 0,733 lebih baik daripada tekhnik pembelajaran konvensional yang hanya sebesar 0,704. Tentunya hal ini lebih besar daripada r tabel = 0,361.

Kata Kunci: NHT; Pemahaman Konsep; Motivasi Belajar

References

Afandi, Rifki. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 1, no. 1 (2015).

Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran IPS di SD/MI. Jakarta: Prenamedia Group. 2014.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: ArRuzz Media. 2014.

Ikhwandari, Lely Afni, Nyoto Hardjono, and Gamaliel Septian Airlanda. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Dengan Model Numbered Heads Together (Nht).” Jurnal Basicedu 3, no. 4 (2019).

Lestari, Candra Kusuma. “Penerapan Metode Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Mulok Produktif Membuat Jajanan Tradisional Kelas X TPHP II Di SMK N 1 PANDAK Tahun Ajaran 2014/2015.” Skripsi, 2015.

Ibrahim, Muslimin dan M. Nur, Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA. 2002.

M. Nur, dan PR. Wikandari. Pengajaran Berpusat pada Peserta didik dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 2000.

MN Fadhilah. “Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan HOTS Mahasiswa PGMI STAIPANA.” Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 15, no. 1 (2020).

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, And Martinus Budiantara. Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA. 2017.

Rabbani, FA. “Pengaruh Pemakaian Jilbab Terhadap Perilaku Moral Mahasiswi (Studi Kuantitatif Deskriptif Di FKIP Universitas Pasundan),” 2016.

Spriani, Hilde Gardis, Nurul Ain, and Hestiningtyas Yuli Pratiwi. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Metode Scaffolding Dan Motivasi Belajar.” Jurnal Terapan Sains & Teknologi 1, no. 2 (2019).

Sri Fatoyah, Akhmad Nayazik, and Arie Wahyuni. “Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dan Student Teams Achievement Division (Stad).” Al-Qalasadi?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2020).

Thew, Rob, Tommaso Calarco, Peter David Roorda, Ottawa Ca, Kevan Peter Jones, Kanata Ca, Peter Friesen, et al. “Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Askeb Patologi Pada Mahasiswa D-III.” Metrologia 53, no. 5 (2015).

Tinambunan, Dian Dame, Maman Fathurrohman, and Etika Khaerunnisa. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.” TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika 2, no. 1 (2020).

Yanti, Ni Made Dwi Wisma, I Gusti Ngurah Japa, and I Made Tegeh. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA.” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD 5, no. 2 (2017).

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Fadhilah, M. N. ., & Nurahman, M. . (2021). Pengaruh Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas II Di SD Anak Saleh. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 165–180. https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.72

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.