Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14Keywords:
Faktor Kesulitan Belajar, MatematikaAbstract
Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa adalah matematika. Sehingga pelajaran ini kurang diminati siswa. Permasalahan inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Kesulitan Belajar Matematika Siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana yaitu data Condensation, data Display, serta Conclusion drawing/verivication. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika siswa disebabkan salahnya mindset yang dibangun dari awal oleh siswa, sehingga mereka kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan di kelas. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.
References
Abdurrahman, Mulyono. Anak Berkesulitan Belajar (Teori, Diagnosis, Dan Remediasinya). Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Ahmadi, Abu, and Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Creswell, John W., and J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Fitth Edit. United States of America: SAGE Publications, Inc, 2018.
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Fokusmedia, Tim. Undang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media, 2015.
Franklin, Daniel. Helping Your Child with Language-Based Learning Disabilities: Strategies to Succeed in School & Life with Dyslexia, Dysgraphia, Dyscalculia, ADHD & Processing Disorders. Canada: New Harbinger Publications, 2018.
Jamaris, Martini. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.
Kholil, Mohammad. “Implementasi Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Pokok Bahasan Logika Matematika.” LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1. 2018.
Kholil, Mohammad. “Membangun Kemampuan Koneksi Matematika Melalui Strategi Interaksi Peserta Didik Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.” FENOMENA 15, no. 2 December 29, 2016.
Kholil, Mohammad, and Olvi Safianti. “Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan Dan Deret.” Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 November 25, 2019.
Maryani, Ika, Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, M. Nur Wangid, and Ali Mustadi. Model Intervensi: Gangguan Kesulitan Belajar. Jogjakarta: K-Media, 2018.
MENDIKBUD. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edit. United States of America: SAGE Publications, Inc, 2014.
Schiff, Rachel., and R. Malatesha. Joshi. Interventions in Learning Disabilities : A Handbook on Systematic Training Programs for Individuals with Learning Disabilities. Switzerland: Springer International Publishing, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta, 2017.
Tracy, Sarah J. Qualitative Research Methods. First Edit. United Kingdom: Wiley-Blackwell, John Wiley & Sons, Ltd., Publication, 2013.
Waskitoningtyas, Rahayu Sri. “Analisi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5, no. 1. 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mohammad Kholil, Silvi Zulfiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.