Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Darus Keliling (Darling) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.4Keywords:
Peran Guru, Karakter Religius, Ekstrakurikuler Darling (Darus Keliling)Abstract
Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang amat penting di MI Negeri 3 Jember, mengingat masih banyak peserta didik yang membutuhkan bimbingan guru untuk memiliki karakter yang sesuai dengan tuntunan Islam, di zaman teknologi initidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak zaman sekarang sudah mengenal yang namanya internet. Maka dari itu pendampingan orang tua dan guru sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak-anaknya. Salah satu pendidikan yang diajarkan guru kepada peserta didiknya sejak dini adalah pengajaran tentang al-Qur’an.Oleh karena itu darus keliling (darling) merupakan kegiatan yang tepat dalam proses membelajarkan al-Qur’an dalam rangka menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Fokus penelitian yang dikaji adalah: Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegitan ekstrakurikuler darus keliling (darling) di MI Negeri 3 Jember tahun 2019? Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler darus keliling di MI Negeri 3 Jember dalam hal ini adalah guru yang senantiasa membimbing anak-anak anggota darling untuk belajar al-Qur’an. Darling ini adalah sebuah wadah yang diberikan oleh guru untuk mengembangkan potensi peserta didik. Karakter religius pun terbentuk yakni sikap patuh dalam menjalankan agama Islam, misalnya membaca al-Qur’an. keliling di MI Negeri 3 Jember dalam hal ini menggunakan instrumen penilaian yang memiliki 3 aspekpenilaian yakni aktif, kurang aktif dan tidak aktif.
References
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Listyarti, Retno. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif, Jakarta: Erlangga, 2012.
Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah Upaya Mengembangankan PAI dari Teori Ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press. 2010.
Thabrani, Abd. Muis. Pengantar dan Dimensi-Dimensi Pendidikan, Jember: STAIN Jember Press, 2013.
Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Anshori, wawancara, Jember, 16 April 2019.
Didik Mardianto, wawancara, Jember 15 April 2019.
Silva dkk, Wawancara, Jember 25 April 2019.
Observasi, Jember, 28 April 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Ana Mar’atus Sholekhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.