Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Darus Keliling (Darling) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2019

Authors

  •   Ana Mar’atus Sholekhah  MI Sabilul Hidayah Banyuwangi,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.4
 

Keywords:

Peran Guru, Karakter Religius, Ekstrakurikuler Darling (Darus Keliling)

Abstract

Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang amat penting di MI Negeri 3 Jember, mengingat masih banyak peserta didik yang membutuhkan bimbingan guru untuk memiliki karakter yang sesuai dengan tuntunan Islam, di zaman teknologi initidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak zaman sekarang sudah mengenal yang namanya internet. Maka dari itu pendampingan orang tua dan guru sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak-anaknya. Salah satu pendidikan yang diajarkan guru kepada peserta didiknya sejak dini adalah pengajaran tentang al-Qur’an.Oleh karena itu darus keliling (darling) merupakan kegiatan yang tepat dalam proses membelajarkan al-Qur’an dalam rangka menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Fokus penelitian yang dikaji adalah: Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegitan ekstrakurikuler darus keliling (darling) di MI Negeri 3 Jember tahun 2019? Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler darus keliling di MI Negeri 3 Jember dalam hal ini adalah guru yang senantiasa membimbing anak-anak anggota darling untuk belajar al-Qur’an. Darling ini adalah sebuah wadah yang diberikan oleh guru untuk mengembangkan potensi peserta didik. Karakter religius pun terbentuk yakni sikap patuh dalam menjalankan agama Islam, misalnya membaca al-Qur’an. keliling di MI Negeri 3 Jember dalam hal ini menggunakan instrumen penilaian yang memiliki 3 aspekpenilaian yakni aktif, kurang aktif dan tidak aktif.

 

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Listyarti, Retno. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif, Jakarta: Erlangga, 2012.

Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah Upaya Mengembangankan PAI dari Teori Ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press. 2010.

Thabrani, Abd. Muis. Pengantar dan Dimensi-Dimensi Pendidikan, Jember: STAIN Jember Press, 2013.

Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Anshori, wawancara, Jember, 16 April 2019.

Didik Mardianto, wawancara, Jember 15 April 2019.

Silva dkk, Wawancara, Jember 25 April 2019.

Observasi, Jember, 28 April 2019

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Sholekhah, A. M. . (2019). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Darus Keliling (Darling) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2019. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.4

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.