Problems of Teachers In Distance Learning on Thematic Learning the Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  •   Dini Urwatul Wustqo  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,  Indonesia
  •   Suryadi Suryadi  MTs Nurul Falah Bondowoso,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v3i2.102
 

Keywords:

Masalah Guru, Pembelajaran Daring, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Distance learning in thematic learning Class IV at MI Nurul Ulum. Distance learning is learning without doing face-to-face, learning through google classroom, home study, zoom, video, and more. The purpose of this study is to analyze the problems of teachers in distance learning on thematic learning in Madrasah ibtidaiyah. This research method uses a qualitative approach and type of Field Research. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. While data analysis using Miles, Huberman, and Saldana analysis models of data condensation, data presentation, and conclusion drawing. Then wet, the data using triangulation methods and triangulation sources. The results of this study showed: 1.) The problems of teachers in distance learning in thematic learning in Madrasah ibtidaiyah Nuru Ulum are: the absence of supporting facilities, the absence of internet quota, and the absence of an internet network. 2) efforts to overcome the problems of teachers in distance learning in thematic learning Class IV MI Nurul Ulum, namely: teachers by going directly to the homes of students and students learning in groups by utilizing wifi at-home learners.

Pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Nurul Ulum. Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, pembelajaran melalui google classroom, rumah belajar, zoom, video dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis problematika guru dalam pembelajaran jarak jauh Pada Pembelajaran Tematik di madrasah ibtidaiyah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian kebasahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1.) Problematika guru dalam pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah Nuru Ulum yaitu: ketiadaan fasilitas yang menunjang, ketiadaan kuota internet dan ketiadaan jaringan internet. 2) Upaya untuk upaya mengatasi problematika guru dalam pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Nurul Ulum yaitu: guru dengan mendatangi langsung kerumah peserta didik dan siswa belajar berkelompok dengan memanfaatkan wifi dirumah peserta didik.

References

Abdul Karim dan Luluk Handayani. “Pengelolaan Open and Distance Learning Di TK Muslimat NU 41 Wuluhan Jember”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education Vol 1, No 1, 2020: 29. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.5.

Ani, Rita Andri. “Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat”, Skripsi: IAIN Metro Lampung, 2020.

Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”, Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 7. No. 4 Oktober 2020, 284. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Cicilia Ika Rahayu Nita, Dwi Agus Setyawan, Robiq Iswanti, “Analisis Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas 5 SD Negeri Polehan 5 Malang”, Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, Vol 4 No 1 (2020): 1. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/524.

Hajjaj (al), Abu Husain Muslim bin, Shahih Muslim, jilid I. Beirut, Dar al Fikr, tt.

Imam Musfi and Abdul Karim. “Dampak Covid 19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar NU Grenden Puger Jember”. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol 2, No 1, 2021:15. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i1.100.

Jamila, Ahdar dan Emmy Natsir, “Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare”, Al Ma' Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya Vol 3, No 2 2021: 108. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Melchano Topandra ,Hamimah, “Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Tembusai, Vol. 4 No. 2 Agustus (2020): 1256. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.592.

Pratama, Rio Erwan dan Sri Mulyati. “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Panddemi Covid-19”, Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol 1, No.2 (Desember 2020), 3. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405.

Saripah Anum Harahap, Dimyati dan Edi Purwanta, “Problematika Pembelajaran Daring Dan Luring Anak Usia Dini Bagi Guru Dan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 2, 2021: 1828. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Sholehudin, Mochammad. “Batal, Sekolah Tatap Muka Tidak Disetujui Pemkab Jember, Pembelajaran Tetap Daring, Ini Alasannya.” Portal Jember, https://portaljember.pikiran-rakyat.com/jemberan/pr-161198876/batal-sekolah-tatap-muka-tidak-disetujui-pemkab-jember-pembelajaran-tetap-daring-ini-alasannya.

Sukiman, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Sudut Pandang Mahasiswa”, Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16, No 2 Desember 2021, 103. DOI: https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4071.

Tri Sukitman, Ahmad Yazid, M. Mas'odi, “Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19”, Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020. 94. http://researchreport.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3655.

Trianto, Ibnu Badar Al-Tabany. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003, tentang Standar Pendidikan Nasional. Bab 1 Pasal 1 Ayat 20.

Wawancara Jember, 06 Maret 2021.

Yuliani, Media. “Pembelajaran Daring untuk Pendidikan. Yayasan kita peduli 2020.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Wustqo, D. U. ., & Suryadi, S. (2022). Problems of Teachers In Distance Learning on Thematic Learning the Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal of Primary Education, 3(2), 125–136. https://doi.org/10.35719/educare.v3i2.102

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.