Peran Guru Dalam Peningkatan Kualitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  •   Tri Budi Wulandani  IAIN Jember,  Indonesia
  •   Rif’an Humaidi  IAIN Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.47
 

Keywords:

Peran Guru, Kualitas Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

In the teaching and learning process, teachers are required to be able to carry out their role to the fullest as a motivator and initiator in an effort to maintain and at the same time increase the enthusiasm of students to learn. Especially in the Covid-19 pandemic situation which requires educational institutions to carry out online learning. This study aims to discuss the teacher's role as a motivator and the teacher's role as an initiator in improving the quality of student learning in online learning at Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Condro Jember. This research uses qualitative research methods and the type of research is a case study. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The validity of the data using source triangulation and technical triangulation. Meanwhile, data analysis uses data condensation, data presentation and verification/conclusion. The results of this study indicate: 1) The teacher's role as a motivator in improving the quality of learning in online learning, namely: providing opportunities for students to play an active role in learning, providing reinforcement, praise or verbal appreciation, teachers listening to students' concerns and wishes to bond. good relationship between teachers and students. 2) The role of the teacher as an initiator in improving the quality of learning in online learning, namely: utilizing information and communication technology such as Whatsapp, Facebook, Google Meet and Google Form.

Keywords: Teacher Role; Quality of Learning; Online Learning

Dalam proses belajar mengajar, guru dituntut untuk mampu melaksanakan perannya secara maksimal menjadi motivator dan inisiator dalam upaya menjaga dan sekaligus meningkatkan semangat belajar peserta didik. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang menuntut lembaga pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran secara Daring. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai inisiator dalam meningkatan kualitas belajar peserta didik pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran daring yaitu: memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran, memberikan penguatan, pujian atau apresiasi secara verbal, guru mendengarkan keresahan dan keinginan peserta didik agar terjalin ikatan yang baik antara guru dan peserta didik. 2) Peran guru sebagai inisiator dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran daring yaitu: memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti Whatsapp, Facebook, Google Meet dan Google Form.

Kata Kunci: Peran Guru; Kualitas Belajar; Pembelajaran Daring

References

AM, Sudirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali, 1990.

Abdul Karim dan Luluk Handayani. “Pengelolaan Open and Distance Learning Di TK Muslimat NU 41 Wuluhan Jember”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 1, no. 1 (June 2, 2020): https://genius.iain-jember.ac.id/index.php/gns/article/view/5.

AZ, Mulyana. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo, 2010.

Cece Wijaya, dkk. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pembaharuan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Hanifah Suhana dan Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Rafika Aditama, 2010.

Meda Yuliani, dkk. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Observasi di Jember 2020.

Setyadi, Leken. Jadilah Guru Terbalik: Berfikir dan Bertindak Terbalik. Ponorogo: Uwais Isnprirasi Indonesia, 2019.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Usmani, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Wulandani, T. B., & Humaidi, . R. . (2021). Peran Guru Dalam Peningkatan Kualitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 75–86. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.47

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.