Analysis of Supporting and Inhibiting Factors in the Integration of Character Education in Akidah Akhlak Subjects at MIN 11 Aceh Tenggara

Authors

  •   Harpan Reski Mulia  MIN 11 Aceh Tenggara,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v3i1.75
 

Keywords:

Integration of Character Education, Akidah Akhlak, Supporting, Inhibiting

Abstract

This paper aims to explore the supporting and inhibiting factors in the effort to integrate character education in akidah akhlak subjects at MIN 11 Aceh Tenggara. This study uses a qualitative method with a narrative approach and data collection techniques of interview, observation, and documentation; then, the data is analyzed using the methods developed by Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation, and data verification. This study shows that the supporting factor for integrating character education in aqidah moral learning at MIN 11 Aceh Tenggara is the availability of learning media in the form of focus and Madrasah residents who work together to supervise all students, both outside and inside the Madrasah environment. The inhibiting factors are the limitations of Madrasah infrastructure in the form of no mosque or prayer room, family support, and social media and games that have an influence on student character.

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengintegrasian pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak at MIN 11 Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif dan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan metode yang dikembangkan Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa, faktor pendukung pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak MIN 11 Aceh Tenggara adalah kesedian media pembelajaran berupa infocus dan warga Madrasah yang bersinergi untuk mengawasi semua siswa, baik di luar maupun di dalam lingkungan Madrasah. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan prasarana Madrasah berupa tidak ada Masjid atau musala, dukungan keluarga, dan media sosial dan game memberikan pengaruh terhadap karakter siswa.

References

Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (February 1, 2011): 85. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32.

Afifuddin, and Beni Ahmad Saebani. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Al-Atsari, Abdullah Al-Hamid. Al-Wajiz fi Aqidati as-Salafu as-Shalih Ahli as-Sunnah. Saudi Arabia: Dar al-Alamiyah, n.d.

An-Nawawi, Abi Zakariya Yahya Ibnu Syarif. Riyad As-Shalihin. Beirut: Dar al-Fikr, n.d.

Assya’bani, Ridhatullah, and Khairul Bariah. “Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Studi Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (December 23, 2019): 139–62. https://doi.org/10.35931/aq.v3i2.169.

Ayun, Primada Qurrota. “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas.” Jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta 3, no. 2 (October 2015): 8–16.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 4th Ed. Translated by Achmad Fawaid and Rianayati Kusmini Pancasari. Cet-II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Dianti, Puspa. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23, no. 1 (2014). https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062.

Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zaini. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Hermino, Agustino. Manajemen Kurikulum berbasis Karakter: Konsep, Pendekatan, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Huda, Mualimul. “Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional (Studi Komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri).” JURNAL PENELITIAN 10, no. 1 (February 1, 2016): 125–46. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1333.

Iwantara, Wayan, Wayan Sadia, and Ketut Suma. “Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 4, no. 1 (January 13, 2014).

Juditha, Christiany. “Hubungan Pengguna Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja Di Kota Makassar.” IPTEK-KOM: Jurnal Penelitian 13, no. 1 (June 2011): 29-42.

Khusniati, M. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1, no. 2 (2012). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140.

Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Translated by Juma Abdu Wamaungo. cet-3. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Miles, Matthew B, and A. Michael Huberman. Analisis Penelitian Kualitatif. Translated by Tjerjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992.

Mulia, Harpan Reski. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 1 (June 16, 2020). https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3092.

———. “Pembelajaran Berbasis Multimedia: Upaya Memahami Keberagaman Gaya Belajar Anak.” Jurnal Penjaminan Mutu 5, no. 2 (September 11, 2019): 144–54. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.857.

Nurhayani. “Kelekatan Ayah Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini.” In Strategi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membina Sumber Daya Manusia Berkarakter, edited by Asrul and Ahmad Syukri Sitorus, 168–86. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Pamilangan, Buhari. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Istiqra`?: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 6, no. 1 (2018).

Pasaribu, Selamat. “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Tentang Perkembangan Psikososial Anak Usia Dini.” In Strategi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membina Sumber Daya Manusia Berkarakter, edited by Asrul and Ahmad Syukri Sitorus, 296–310. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Fajar Interpratama Mandiri, 2012.

Siddik, Dja’far. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Edisi Revisi, Cet. 1. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2011.

Subjek A. Faktor Pendukung dan Penghambat Pengintegrasian Pendidikan Karakter Pada Pelajaran Akidah Akhlak. Perekam Audio, October 20, 2020.

Subjek C. Faktor Pendukung dan Penghambat Pengintegrasian Pendidikan Karakter Pada Pelajaran Akidah Akhlak. Perekam Audio, October 27, 2020.

Triyono, Sulis. “Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Jerman.” Jurnal Pendidikan Karakter 0, no. 3 (2012): 269–79. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1250.

Zaini, Zaini, and Roni Ramlan. “Penguatan Pendidikan Aqidah Anak Dari Penyimpangan Budaya Online.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam14, no. 2 (December 26, 2019): 201–14. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2736.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Cet. 1. Jakarta: Kencana, 2012.

Downloads

Published

2022-04-14

How to Cite

Mulia, H. R. . (2022). Analysis of Supporting and Inhibiting Factors in the Integration of Character Education in Akidah Akhlak Subjects at MIN 11 Aceh Tenggara. EDUCARE: Journal of Primary Education, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.35719/educare.v3i1.75