Analysis of Learning Projects in the Implementation of the Kurikulum Merdeka in Elementary Schools

Authors

  •   Vivi Darmayanti  Universitas Jember,  Indonesia
  •   Naomi Dias Laksita Dewi  Universitas Jember,  Indonesia
  •   Moh. Badrus Sholeh Arif  Universitas Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v4i2.245
 

Keywords:

Project, Implementation, Curriculum, Elementary School

Abstract

Kurikulum merdeka allows teachers to design learning that is educational and fun. One of the interesting and meaningful lessons in the Kurikulum Merdeka is project-based learning. The data collection uses a questionnaire given to 20 elementary teachers who use the Kurikulum Merdeka. Data analysis uses quantitative descriptive in the form of percentages. The results of the research show that the types of projects in implementing the Kurikulum Merdeka that are often used by teachers are 5% making maps, 10% practicums, 5% performances, 5% comics, 10% concept maps, 20% interviews, and 45% posters.

Kurikulum merdeka memberi kesempatan guru untuk mendesain pembelajaran yang edukatif dan menyenangkan. Salah satu pembelajaran dalam kurikulum merdeka yang menarik dan bermakna yaitu melalui pembelajaran berbasis proyek. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuisoner yang diberikan kepada 20 guru SD/ MI yang telah mengajar menggunakan kurikulum merdeka. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe proyek dalam implementasi kurikulum merdeka yang sering digunakan guru yaitu 5% membuat peta, 10% praktikum, 5% pertunjukan, 5% komik, 10% peta konsep, 20% wawancara, dan 45% poster.

References

Agung, A., & Yustesi, A. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif dan Kualitatif. Noah Alethia.

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning ) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi merupakan faktor yang sangat penting . Aktivitas dan kreativitas guru dalam tersebut tampak. Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199.

Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Stem Siswa Sma. Journal of Science Education and Practice, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.33751/jsep.v3i2.1719

Arini, N. K. M., & Darmayanti, N. W. S. (2022). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Panduan Praktikum IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.45463

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Astuti, A. P., Hidayati, Y. M., & Untari, R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbasis Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. 4(3), 168–175.

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

Basyari, I. W., Sugiarti, I. Y., & Karimah, N. I. (2022). Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Media Pembelajaran Literasi Peta pada KKG SD Kota Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.149

Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Poster Pada Siwa Kelas X Sman 8 Tangsel. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10658

Darmayanti, N. K., & Abadi, I. B. G. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 170–179. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481

Demulawa, M., Mardin, H., Kobi, W., Uno, A. H., Lakutu, D. N., & Despianti, S. R. (2022). Peningkatan pemahaman konsep perpindahan kalor dengan metode praktikum di kelas v sd it qurratu ‘ayun kota gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v5i3.3806

Dewi, M. P., & Firman. (2023). Studi tentang Efek Lembar Kerja Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(2), 44–48.

Fadhallah. (2020). Wawancara. UNJ Press.

Fadhli, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(02), 48–60. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.6

Fajrianti, N. A., & Imtihan, Y. (2019). Komposisi Gerak pada Pertunjukan Kesenian Tari Petuk di Desa Sade Kabupaten Lombok Tengah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 97–104. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.831

Fatah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Atau Project Base Learning ( PJBL ) Melalui Poster Kreatif Dalam Pembelajaran Daring Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah. 3(2), 45–54.

Filjinan, S. K., Supeno, & Rusdianto. (2022). PENGEMBANGAN E-KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. Pendekar?: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 125–129.

Griffin, A. L. (2020). Trustworthy maps. Journal of Spatial Information Science, 20(20), 5–19. https://doi.org/10.5311/JOSIS.2020.20.654

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(May), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Harahap, A. S. (2019). Teknik Wawancara Bagi Reporter Dan Moderator Di Televisi. Universitas Esa Unggul Jakarta Jalan Arjuna Utara, 16(9), 11510.

Haryati, M. (2009). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada Press.

Heriyanto, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Proyek Pembuatan Poster Tentang Norma Pada Siswa Kelas VII A. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 217–230. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.146

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Irfadila, M. S. (2020). Praktikalitas Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Peta Konsep Pada Mata Kuliah Teori Pembelajaran Bahasa Dan Ibm Mahasiswa Program Studi Pbsi Fkip Umsb. Inovasi Pendidikan, 7(2), 76–83. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2305

Iswantari, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy, 8(4), 490. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126

Jusita, M. L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090

Kementerian, & Kebudayaan, P. dan. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka tetap Berjalan Sesuai Rencana. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/07/implementasi-kurikulum-merdeka-tetap-berjalan-sesuai-rencana

Khasanah, K. (2019). Peta Konsep sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutrained?: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8

Kristianto, D., Sri Rahayu, T., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 939–946.

Lapase, M. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Pedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(2), 134–143.

Lestari, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 01(01), 13–23.

Mascita, D. E., Pujiatna, T., & Kuntari, R. P. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbantuan Media Video Pada Kelas X Sma. Jurnal Tuturan, 9(1), 32. https://doi.org/10.33603/jt.v9i1.3638

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405.

Nafala, N. M. (2022). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru?: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571

Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886

Nurdianasari, N., Humaeroh, I., Nurhayati, Duryat, M., Mubarok, A. A., Santoso, S., Saifuddin, Wahyono, & Dwiyama, F. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu di Sekolah Dasar. Yayasan Hamjah Diha.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Purnomo, H., & Subari, L. (2019). Manajemen Produksi Pergelaran: Peranan Leadership dalam Komunitas Seni Pertunjukan. Jurnal Satwika, 3(2), 111. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.111-124

Putra, I. D. G. D., Darsana, I. W., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 387–384. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19479

Putri, D. A. (2023). Manfaat Media Komik Digital Sebagai Upaya Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 4, 896–901.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Rahmawati, R. D. & A. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qawaid ( Studi Kasus?: SMP Unggulan NU Mojoagung Jombang ). Jurnal Education and Development, 7(3), 79–83. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1184/497

Ramadani, Z., Kusumawardani, D., & Sari, K. M. (2022). MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI MANAJEMEN PRODUKSI SENI PERTUNJUKAN. Jurnal Pendidikan Tari, 3(1), 29–39.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Santoso, T. D. P. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Penguat Audio dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMKN 1 Adiwerna. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 276–287. http://cakrawala.upstegal.ac.id

Sapriati, A., Hartinawati, Sulaiman, M., Budiastra, A., Rockiyah, I., Rumanta, M., Ristasa, R., Nasution, N., & Sulistyarini, S. (2008). Pembelajaran IPA di SD (Edisi 2). Universitas Terbuka.

Sari, R. A., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2021). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 1–11. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.36972

Saridewi, M. P., Masing, F. A., & Dewi, N. P. Y. A. (2023). Identifikasi Pemahaman Konsep Mahasiswa melalui Penerapan Model Jigsaw Berbasis Peta Konsep. Binomial: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 12–21.

Senjaya, P., Indriani, I., Mahdarani, N., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital ( MEKODIG ) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 99–106.

Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2020). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU MELALUI PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN PETA KONSEP. JPKM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148–153.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1991). Metode Penelitian Survai. LP3ES.

Sitompul, A. L., Patriansyah, M., & Pangestu, R. (2021). Analisis Poster Video Klip Lathi?: Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure. Besaung?: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(1). https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i1.1830

Tarmidzi. (2018). Belajar Bermakna ( Meaningful Learning ) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep ( Concept Mapping ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 131–139.

Utami, M. Z., Setiawan, I., & Risdianto, E. (2022). Persepsi Peserta Didik terhadap Keterbacaan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Alat-Alat Optik. Amplitudo?: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 1(2), 90–97.

Yuniastuti, N. W., Trisdyani, N. L. P., & Suadnyana, I. B. P. E. (2020). Pertunjukan Topeng Bondres sebagai Media Pendidikan Agama Hindu. Maha Widya Duta, 4(1), 23–34.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Darmayanti, V. ., Dewi, N. D. L. ., & Arif , M. B. S. . (2023). Analysis of Learning Projects in the Implementation of the Kurikulum Merdeka in Elementary Schools. EDUCARE: Journal of Primary Education, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.35719/educare.v4i2.245

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.