Optimalisasi Model ARCS dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI At-Taqwa Bondowoso

Authors

  •   Sinta Yulis Pratiwi  MI At-Taqwa Bondowoso,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.53
 

Keywords:

Model ARCS, Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar

Abstract

This study aims to explain the optimization of the ARCS learning model as an effort to increase the learning motivation of students, especially in thematic learning at MI At-Taqwa Bondowoso. The method used is qualitative with a descriptive qualitative approach, while the type of research used in this research is field research. The data collection techniques used interviews, observation, and documentation. Data analysis used was condensation, data presentation, and verification. And the validity of the data uses triangulation of sources and techniques. The results of this study indicate (1) Thematic Learning Problems at MI At-Taqwa Bondowoso, namely: Teachers are less biased in utilizing learning media, so that the only sources used are textbooks, classroom learning is only centered in the teacher, the students' lack of interest in the learning process, so that students do not pay attention to the teacher who teaches. (2) The application of the ARCS model in thematic learning at MI At-Taqwa Bondowoso, namely: The implementation of the ARCS model was carried out by teachers with several methods and strategies such as modeling the way strategy and also contextual teaching and learning, ARCS Model as an alternative solution in learning for increasing students 'learning motivation is able to stimulate students' enthusiasm in thematic learning.

Keywords: ARCS Model; Thematic Learning; Motivation to Learn

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan optimalisasi model pembelajaran ARCS sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaranTematik di MI At-Taqwa Bondowoso. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni kondensasi, penyajian data, dan verifikasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Problematika Pembelajaran Tematik di MI At-Taqwa Bondowoso, yaitu: Guru kurang biasa memanfaatkan media pembelajaran, sehingga sumber yang dipakai hanya buku ajar saja, Pembelajaran di kelas hanya berpusat pada guru, Kurangnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik tidak memperhatikan guru yang mengajar. (2) Penerapan model ARCS dalam pembelajaran tematik di MI At-Taqwa Bondowoso, yaitu: Penerapan model ARCS dilakukan oleh para guru dengan beberapa metode dan strategi seperti strategi modeling the way dan juga contextual teaching and learning, Model ARCS sebaga solusi altenatif dalam pembelajaran untuk meningkatakn motivasi belajar peserta didik mampu merangsang semangat peserta didik dalam pembelajaran tematik.

Kata Kunci: Model ARCS; Pembelajaran Tematik; Motivasi Belajar

References

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Musfiqon. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Public Publiser, 2012.

Observasi Di Bondowoso 13 November 2020.

Pidarta, Mede. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Pribadi, Benny A. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT :Kencana, 2009.

Ratumanan dan Imas Rosmiati. Perencanaan Pembelajaran. Depok : PT. Raja Grafindo Persada, 2019.

Sinta Yulis Pratiwi dan Lailatul Usriyah, “Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember”. EDUCARE: Journal of Primary Education 1 (3), 2020.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor :Ghalia Indonesia, 2010.

Suardi Wekke, Ismail. Ridha Windi Astuti. Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Implementasi di Wilayah Minoritas Muslim. Tadris : Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 02. 2017.

Suranto. Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan Dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Studi Kasus Pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 25, No.2, Desember, 2015.

Yaumi, Muhammad. Prinsip-primsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Pratiwi, S. Y. (2021). Optimalisasi Model ARCS dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI At-Taqwa Bondowoso. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 135–148. https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.53

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.