Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak

Authors

  •   Firmansyah Firmansyah  FTIK IAIN Pontianak,  Indonesia
  •   Akhmad Zaini  FTIK IAIN Pontianak,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.7
 

Keywords:

Implementasi, Strategi Cooperative Learning, Tipe Jigsaw

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi pada MIN Bangka Belitung Pontianak seperti guru kurang melibatkan siswa dalam materi pembelajaran, guru cenderung menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah tanpa adanya variasi sehingga menyebabkan kejenuhan dalam belajar, guru kurang memahami dalam tentang memilih dan menentukan strategi cooperative learning tife jigsawyang tepat sehingga berdampak pada terciptanya proses pembelajara yang lebih baik. Penelitian bertujuan untukmengetahui: perencanaan, langkah-langkah, dan evaluasi dalam pembelajaran Materi Aqidah dengan Strategi Cooperative Tipe Jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak Materi Sikap  pada guru di Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perencanaan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsawdalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Materi Akhlak Tercela di Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak dengan lebih baik dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran; langkah-langkah strategi cooperative learning tipe jigsaw dalam materi sikap siswa di sekolahdi kelas V MIN dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok diksih materi pembelajaran, dan siswa mendiskusikan dengan materi tersebut; Pelaksanaan evaluasi proses dan hasil kegiatan pembelajaran yang menggunakan langkah strategi cooperative learning tipe jigsaw dalam materi sikap siswa di sekolahdi kelas V MIN Negeri Bangka Belitung Pontianak adalah menggunakan tes tertulis dan tes lisan juga mengunakan penilain proses dari observasi siswa saat proses pembelajaran atau setelah mata kuliah selesai.

References

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kela, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Departemen Agama RI. Standar Penilaian Di Kelas, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, 2003.

Guntur, Setiawan. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Uno, Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handari, Nawawi. Metode Penelitian Bidang Sosial, Pontianak: Gajah Mada University Press, 2012.

Hisyam Zaini, et,al. Strategi Pembelajaran AKtif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2002.

Moleong, Lexy. J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosada Karya, 2002.

Nurdin, Usman. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo, 2002.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Di Madrasah.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun (2008). tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Di Madrasah.

Rahman et,al. 2012. Metode pembelajaran jigsaw. Diakses 20 Mei 2015

Rusman. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada, 2018.

Slavin, Robert E. . Cooperative Learning (Cara Efektif dan Menyenangkan pacu Prestasi seluruh Peserta didik). Bandung: Nusa Media, 2005.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning-teknik Jigsaw. http://akhmadsudrajat.wordpress.com.

Sugianto. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2012.

Wierma, W. Educational MeasuaramentAnd Testing, Boston: Allyn End Bacon, 1990.

Wiesma. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 1990.

Zaini, Hisyamdkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Zuldafrial. Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Press, 2011.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Firmansyah, F., & Zaini, A. (2019). Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak . EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.7

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.