Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.7Keywords:
Implementasi, Strategi Cooperative Learning, Tipe JigsawAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi pada MIN Bangka Belitung Pontianak seperti guru kurang melibatkan siswa dalam materi pembelajaran, guru cenderung menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah tanpa adanya variasi sehingga menyebabkan kejenuhan dalam belajar, guru kurang memahami dalam tentang memilih dan menentukan strategi cooperative learning tife jigsawyang tepat sehingga berdampak pada terciptanya proses pembelajara yang lebih baik. Penelitian bertujuan untukmengetahui: perencanaan, langkah-langkah, dan evaluasi dalam pembelajaran Materi Aqidah dengan Strategi Cooperative Tipe Jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak Materi Sikap pada guru di Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perencanaan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsawdalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Materi Akhlak Tercela di Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak dengan lebih baik dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran; langkah-langkah strategi cooperative learning tipe jigsaw dalam materi sikap siswa di sekolahdi kelas V MIN dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok diksih materi pembelajaran, dan siswa mendiskusikan dengan materi tersebut; Pelaksanaan evaluasi proses dan hasil kegiatan pembelajaran yang menggunakan langkah strategi cooperative learning tipe jigsaw dalam materi sikap siswa di sekolahdi kelas V MIN Negeri Bangka Belitung Pontianak adalah menggunakan tes tertulis dan tes lisan juga mengunakan penilain proses dari observasi siswa saat proses pembelajaran atau setelah mata kuliah selesai.
References
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kela, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Departemen Agama RI. Standar Penilaian Di Kelas, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, 2003.
Guntur, Setiawan. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.
Uno, Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Handari, Nawawi. Metode Penelitian Bidang Sosial, Pontianak: Gajah Mada University Press, 2012.
Hisyam Zaini, et,al. Strategi Pembelajaran AKtif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2002.
Moleong, Lexy. J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosada Karya, 2002.
Nurdin, Usman. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo, 2002.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Di Madrasah.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun (2008). tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Di Madrasah.
Rahman et,al. 2012. Metode pembelajaran jigsaw. Diakses 20 Mei 2015
Rusman. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada, 2018.
Slavin, Robert E. . Cooperative Learning (Cara Efektif dan Menyenangkan pacu Prestasi seluruh Peserta didik). Bandung: Nusa Media, 2005.
Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning-teknik Jigsaw. http://akhmadsudrajat.wordpress.com.
Sugianto. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2012.
Wierma, W. Educational MeasuaramentAnd Testing, Boston: Allyn End Bacon, 1990.
Wiesma. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 1990.
Zaini, Hisyamdkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Zuldafrial. Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Press, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Firmansyah Firmansyah, Akhmad Zaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All material contained on this site is protected by law. It is prohibited to cite part or all of the contents of this website for commercial purposes without the approval of this journal's editorial board.
If you find one or more articles contained in EDUCARE: Journal of Primary Education that violates or has the potential to violate your copyright, please report it to us via email at Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles listed on this journal website refers to the terms of the Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license.
All Information contained in EDUCARE: Journal of Primary Education is academic. EDUCARE: Journal of Primary Education is not responsible for any losses incurred due to misuse of information from this site.