The Effect of My Daily Book Movie on Strengthening Character Education of Madrasah Ibtidaiyah Students

Authors

  •   Ratna Liviani  Universitas Islam Negeri Salatiga,  Indonesia
  •   Mei Prabowo  Universitas Islam Negeri Salatiga,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v4i1.204
 

Keywords:

Film Buku Harianku, Penguatan Pendidikan karakter, Peserta Didik, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Film is one of the educational means to provide learning to children indirectly through characters and stories in films. One of the films that can be a learning tool is the film My Diary. The purpose of this study was to determine the influence of a film entitled Buku Harianku on the strengthening character education of Elementary Islamic School students in West Jakarta. This research uses an experimental method. The sample of this study used a random sampling technique. The experimental sample in this study was MIS grade V students Hidayatul Istiqomah. With experimental classes are classes V C and V D while the control class is class V A and V B. Data collected using questionnaires. The character of the students tested includes religious, nationalist, independent, mutual aid, and integrity values. Based on the results of research that has been done, it is known that the film My Diary has an influence on the character of students with a magnitude of 48% and has a significant effect.

Film merupakan salah satu sarana pendidikan untuk memberikan pembelajaran kepada anak secara tidak langsung melalui tokoh dan cerita dalam film. Salah satu film yang dapat menjadi sarana pembelajaran ialah film Buku Harianku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari sebuah film yang berjudul Buku Harianku terhadap penguatan pendidikan karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel dari penelitian ini di memakai teknik sample random sampling. Sampel percobaan pada penelitian ini ialah siswa kelas V MIS Hidayatul Istiqomah. Dengan kelas eksperimen ialah kelas V C dan V D sedangkan kelas kontrol ialah kelas V A dan V B. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner atau angket. Karakter siswa yang diujikan mencakup nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa film buku harianku memiliki pengaruh terhadap karakter peserta didik dengan besaran 48% dan berpengaruh secara signifikan.

References

Afrizal, Stevany, Septi Kuntari, Rizki Setiawan, and Wika Hardika Legiani. 2020. “Perubahan Sosial Pada Budaya Digital Dalam Pendidikan Karakter Anak.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 3(1): 429–36. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/issue/view/825.

Alfathoni, Muhammad Ali Mursid, and Dani Manesah. 2020. Pengantar Teori Film. Yogyakarta: Deepublish.

Apriliany, Lenny dan Hermiati. 2021. “Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang: 192. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861.

Arsyad, Lukman, Enni Akhmad, and Alvons Habibie. 2021. “Membekali Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter: Analisis Cerita Film Animasi Upin Dan Ipin.” 5(1): 59–71.

Cahyono, Heri, and Iswati Iswati. 2018. “Memahami Peran Dan Fungsi Perkembangan Peserta Didik Sebagai Upaya Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4(1): 47–62.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Fajrin, Fahmi; Revilla Malik, Lina; Saugi, Wildan. 2021. “Pengaruh Film Serial Nussa Dan Rarra Terhadap Akhlak Peserta Didik Di MI Negeri 1 Samarinda.” Borneo Journal Of Primary Education I(1): 15–34. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjpe/article/view/3132.

Fithri, Rizma. 2014. “Buku Perkuliahan: Psikologi Belajar.” Prodi Psikologi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya: 1–164.

Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan?: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, Dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Jayanti, Gita Dwi, Farid Setiawan, Rivaldo Azhari, and Nursaima Putri Siregar. 2021. “Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035.” Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan 6(1): 40–48.

Kemdikbud. 2019. “Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: 8. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk.

Nurgiansah, T Heru. 2022. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.” Jurnal Basicedu 6(4): 7310–16.

Padilah, and Anggy Widia Ramadanti. 2022. “Pengaruh Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(03): 1–8.

Peraturan Presiden. 2017. “Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.” Journal of Chemical Information and Modeling: 7.

Permana, Rangga Saptya Mohamad, Lilis Puspitasari, and Sri Seti Indriani. 2019. “Industri Film Indonesia Dalam Perspektif Sineas Komunitas Film Sumatera Utara.” ProTVF 3(2): 185.

Prihatmojo, Agung, and Badawi. 2020. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral Di Era 4.0.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4(1): 142–52.

Priyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Putra, Nandika Widyan. 2020. “(REVIEW) Buku Harianku (2020).” https://www.kincir.com/movie/cinema/review-buku-harianku-2020-ZmYa3neAZ35z.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarna, Nana. 2018. Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustakadiniyah.

Zaman, Badrus. 2019. “Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Ndonesia.” AL GHAZALI , Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam 2(1): 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101.

Zhayoga, Ivan, Diana Endah H, and Ikha Listyarini. 2020. “Analisis Pengaruh Film Upin Dan Ipin Terhadap Karakter Siswa.” Indonesian Values and Character Education Journal 3(1): 1–7. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/24542/14886.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Liviani, R. ., & Prabowo, M. . (2023). The Effect of My Daily Book Movie on Strengthening Character Education of Madrasah Ibtidaiyah Students. EDUCARE: Journal of Primary Education, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.35719/educare.v4i1.204

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.